Pada dasarnya masyarakat Bali yang terdiri dari kumpulan individu-individu.
Memiliki bentuk-bentuk kebudayaan yang sangat menarik untuk digali dan dikaji,
salah satunya adalah adanya bentuk bangunan-bangunan tradisional Bali yang dari
dulu sampai sekarang masih di pakai dan dilestarikan oleh masyarakat Bali.
Masyarakat Bali yang dijadikan objek penelitian dalam kesempatan ini adalah
orang-orang Bali yang tinggal di Bali yang beragama Hindu. Kehidupan masyarakat
tersebut masih dipengaruhi oleh suatu kepercayaan-kepercayaan yang berasal dari
folklore; apakah itu mite, dongeng, legenda atau ekspresi budaya (kebiasaan
dari turun temurun).
Salah satu yang menarik adalah ekspresi budaya. Pengaruh kebudayaan Hindu yang
tidak dapat lepas dari masyarakat Hindu Bali yakni adanya bangunan-bangunan
tradisional suci umat Hindu seperti kepercayaan masyarakat tentang Sanggah
Kamulan. Kepercayaan rakyat, atau yang sering disebut dengan “takhyul”,
adalah kepercayaan yang oleh orang berpendidikan Barat dianggap sederhana
bahkan pander, tidak berdasarkan logika, sehingga secara ilmiah tidak dapat
dipertanggung jawabkan (Dananjaya, 1984: 153).
Hampir setiap karang perumahan di Bali, pada bagian hulu
atau udiknya terdapat sebuah “sanggah” yang umum disebut “Sanggah
kamulan” untuk golongan tertentu disebut juga “Sanggah Kemimitan”. Karena sanggah
tersebut selalu letaknya pada udik atau hulu dari karang, maka disebut juga “Panghulun
Karang”.
Sampai saat ini masih saja ada suatu keraguan, tentang siapa sesungguhnya yang
dipuja pada sanggah itu. Apa sebenarnya fungsinya dan pengertian Sanggah
Kamulan/ Kamimitan itu. Apakah makna dan nilai-nilai yang terkandung dalam
kepercayaan atau keyakinan memuja Sanggah Kemulan. Permasalahan tersebut perlu
dikaji dan dipecahkan untuk menghilangkan kekaburan pengertian dikalangan
umat Hindu. Dari beberapa cerita masyarakat yang ada dan sumber pustaka yang
pasti, penulis juga ingin mencoba meneliti tentang Sangah Kamulan ini. Sampai
saat ini, memang belum banyak ditemukan tulisan ilmiah yang khusus
mengungkapkan tentang Sanggah Kamulan itu.
Untuk memperoleh jawaban, maka metode yang digunakan ialah metode penelitian
sastra yaitu mencari obyek dimasyarakat dengan teknik merekam dan mencatat data
yang diberikan informan juga metode observasi dengan mengamati keberadaan
Sangah Kamulan. Selain itu juga didukung dengan metode kepustakaan, yakni
mencari informasi topik yang dibahas dengan mengambil sumber dari beberapa buku
dan lontar sebagai pedoman, dengan menggunakan teknik pencatatan. Populasi yang
dipilih adalah seluruh dengan cara acak tanpa membedakan asal informan, dan
dipilih sampel beberapa orang yang mengetahui dan mengerti tentang keagamaan
dan bangunan suci. Teori
yang melandasi adalah:
- Teori fungsi oleh koentjaraningrat; bahwa ada hubungan sesuatu hal dengan tujuan tertentu (1981: 87).
- Teori dorongan untuk menentukan suatu sikap mencari rasa aman sebagai kebutuhan manusia ( Susanto, 1983: 178).
- Teori survival bahwa kebudayaan orang primitip masih bisa tetap hidup dijaman peradaban modern ( Dananjaya, 1984: 58).
- Teori sympathetic magic menurut Frazer bahwa ada hubungan erat yang sebenarnya antara benda-benda tak ada hubungannya.
- Lalu timbul kepercayaan bahwa tahyul masih dapat hidup berdampingan dengan ilmu pengetahuan dan agama.
Demikian teori yang melandasi sehingga tujuan penelitian
untuk mengetahui sumber budaya daerah yang bersumber dari folklor khususnya
kepercayaan rakyat. Sehingga hasilnya nanti dapat menggugah dan menambah
pengetahuan masyarakat tentang Sanggah Kamulan selain itu juga masyarakat
mengetahui bahwa kepercayaan-kepercayaan masyarakat mengandung konsep kehidupan
yang universal, disamping ilmu pengetahuan dan teknologi. Sedangkan jangkauan
yang akan disampaikan adalah: pengertian Sang Hyang Kemulan, sejarah dan
jenisnya, fungsi sanggah kemulan, makna dan nilai yang terkandung.
BAB II
PENGERTIAN SANG HYANG KAMULAN
2.1 Dasar Hukum Pendirian Sanggah Kamulan.
Secara etimologi kata, Sanggah Kamula terdiri dari dua buah kata yaitu Sanggah
dan Kamulan. Sanggah adalah perubahan ucapan dari pada “sanggar”, arti
sanggar menurut pengertian lontar keagamaan di Bali adalah tempat memuja.
Misalnya dalam lontar Sivagama disebutkan “nista sapuluhing saduluk sanggar
pratiwi wangun” (Rontal Sivagama, lembar 328). Kamulan berasal dari kata “mula”
(samkrit), yang berarti; akar, umbi, dasar, permulaan, asal. Awalan ka-, dan
akhiran –an menunjukkan tempat pemujaan asal atau sumber. Sanggah
Kamulan adalah tempat pemujaan asal atau sumber, Hyang Kamulan atau Hyang
Kamimitan. Kamimitan berasal dari kawa Wit, (huruf m adalah sekeluarga huruf
W). Kamimitan adalah lain ucapan dari kata kawiwitan, berasal dari kata wit,
yang berarti asal atau sumber pula (Wikarman, 1998: 2). Dengan pengertian ini
sebenarnya kita sudah dapat menarik atau menyimpulkan bahwa yang dipuja pada
Sanggah Kamulan itu tidak lain yang merupakan sumber atau asal dari mana
manusia itu ada.
Lalu muncul suatu pertanyaan, siapakah yang dimaksud dengan Hyang Kamulan atau
kawitan yang merupakan asal manusia itu? Inilah yang perlu kita telaah secara
mendalam dalam uraian selanjutnya. Namun sebelumnya marilah kita ungkapkan dulu
dasar hukum dari pendirian Sanggah Kamulan itu. Dalam lontar Sivagama kita
jumpai suatu uraian tentang pendirian Hyang Kamulan. Kutipannya sebagai
berikut;
“……bhagawan manohari, Sivapaksa sira, kinwa kinon de Sri Gondarapati,
umaryanang sadhayangan, manista madya motama, mamarirta swadarmaning wong kabeh.
Lyan swadadyaning wang saduluking wang kawan dasa kinon magawe pangtikrama.
Wwang setengah bhaga rwang puluhing saduluk, sanggarpratiwi wangunen ika mwang
kamulan panunggalanya sowing……”
Arti kutipan tersebut ;
“….. Bhagawan Manohari pengikut Siva, beliau disuruh oleh Sri Gondarapati,
untuk membangun Sad Khayangan Kecil, sedang maupun besar. Yang merupakan beban
kewajiban orang semua. Lain kewajiban sekelompok orang untuk empat pulih
keluarga harus membangun panti. Adapun setengah bagian dari itu yakni 20
keluarga, harus membangun ibu. Kecilnya 10 keluarga pratiwi harus dibangun, dan
kamulan satu-satunya tempat pemujaan (yang harus dibangun) pada masing-masing
pekarangan…..”
Dengan kutipan di atas jelaslah bagi kita, bahwa setiap keluarga yang menempati
karang perumahan tersendiri wajib membangun Sanggah Kamulan. Jadi lontar
Sivagama inilah yang merupakan dasar hukum bagi pendirian Sanggah Kamulan itu.
Lontar Sivagama adalah merupakan Pustaka suci bagian Smrti dari Sekte Siva.
Oleh karena itu ajaran Siva seperti yang tercantum pada lontar Sivagama itu
wajib diikuti oleh pengikutnya.
2.2 Hyang Kamulan adalah Sanghyang Triatma
Kamulan
atau kawitan adalah merupakan sumber atau asal manusia itu sendiri. Lalu
siapakah yang dimaksud sumber atau asal itu? Siapakah yang menyebabkan adanya
manusia atau jatma itu? Manusia umumnya dalam bahasa Bali halus disebut “jatma”
yang berasal dari akar kata Ja, yang artinya lahir, dan atma berarti
roh. Jadi jatma berarti roh yang lahir. Dengan ungkapan itu maka sesungguhnya
manusia ada karena adanya atma yang lahir, dengan demikian atmalah yang menjadi
sumber adanya manusia itu sesungguhnya.
Hal ini akan sesuai benar dengan pernyataan lontar-lontar Gong Wesi, Usana
Dewa, tattwa kepatian dan Purwa bhumi kamulan. Lontar-lontar tersebut
menyebutkan bahwa yang bersthana pada Sanggah Kamulan adalah Sanghyang Triatma
atau tiga aspek dari atma itu sendiri.
Dalam
lontar Usana Dewa disebutkan :
“ring
kamulan ngaran ida sang hyang atma, ring kamulan tengen bapa ngaran sang
paratma, ring kamulan kiwa ibu ngaran sang sivatma,ring kamulan tengah ngaran
raganya, tu brahma dadi meme bapa, meraga sang hyang tuduh….” (Rontal Usana
Dewa, lembar 4)
Yang
artinya :
”Pada
sanggah Kamulan beliau bergelar Sang Hyang Atma, pada ruang kamulan kanan ayah,
namanya Sang Hyang Paratma. Pada kamulan kiri ibu, disebut Sivatma. Pada
kamulan ruang tengah diri-Nya, itu Brahma, menjadi purusa pradana, berwujud
Sang Hyang Tuduh (Tuhan yang menakdirkan).”
Demikian juga lontar Gong Wesi, kita jumpai kutipan yang hampir sama dengan
yang tersurat pada Usana Dewa.
Kutipannya
adalah sebagai berikut :
“…..
ngaran ira sang atma ring kamulan tengen bapanta, nga, sang paratma, ring kamulan
kiwa ibunta, nga, sang sivatma, ring kamulan madya raganta, atma dadi meme bapa
ragane mantuk ring dalem dadi sanghyang tunggal, nungalang raga….” (Rontal Gong
Wesi, lembar 4b).
Artinya
:
“……
nama beliau sang atma, pada ruang kamulan kanan bapakmu, yaitu Sang Paratma,
pada ruang kamulan kiri ibumu, yaitu Sang Sivatma, pada ruang kamulan tengah
adalah menyatu menjadi Sanghyang Tunggal menyatukan wujud”
Dari dua kutipan lontar di atas jelaslah bagi kita, bahwa yang bersthana pada
sanggah kamulan itu adalah Sanghyang Triatma, yaitu; Paratma yang diidentikkan
sebagai ayah (purusa), Sang Sivatma yang diidentikkan Ibu (predana) dan Sang
Atma yang diidentikkan sebagai diri sendiri (roh individu). Yang hakekatnya
Sanghyang Triatma itu tidak lain dari pada Brahma atau Hyang Tunggal/ Hyang
Tuduh sebagai pencipta (upti).
2.3 Hyang Kamulan adalah Roh suci Leluhur
dalam
lontar Purwa Bhumi Kamulan disebutkan bahwa atma yang telah disucikan yang
disebut Dewapitara, juga disthanakan di sanggah kamulan, seperti disebutkan :
“riwus
mangkana daksina pangadegan Sang Dewa Pitara, tinuntun akena maring sanggah
kamulan, yan lanang unggahakena ring tengen, yan wadon unggahakena maring kiwa,
irika mapisan lawan dewa hyangnya nguni……” (Purwa Bhumi kamulan, lembar: #).
Yang artinya :
“Setelah
demikian daksina perwujudan roh suci dituntun pada Sanghyang Kamulan, kalau
bekas roh itu laki naikkan pada ruang kanan, kalau roh suci itu bekas perempuan
dinaikkan di sebelah kiri, disana menyatu dengan leluhurnya terdahulu.”
Dalam rontal Tatwa Kapatian disebutkan bahwa sanghyang atma
(roh) setelah mengalami proses upacara akan bersthana pada sanggah kamulan
sesuai dengan kadar kesucian atma itu sendiri. Atma yang masih belum suci, yang
hanya baru mendapat “tirtha pangentas pendem” atau upacara sementara (ngurug)
juga dapat tempat pada Sanggah Kamulan sampai tingkat “batur kamulan”, seperti
disebutkan :
“Mwah
tingkahing wong mati mapendem, wenang mapangentas wau mapendem, phalanya polih
lungguh Sang Atma munggwing batur kamulan” (Rontal Tattwa Kapatian, 1a. 1b).
Artinya :
“Dan
prihalnya orang mati yang ditanam, harus memakai tirtha pangentas baru diurug,
hasilnya mendapatkan tempat Sang Atma pada Batur Kamulan”
Dari kutipan-kutipan di atas jelaslah bagi kita bahwa Hyang Kamulan yang dipuja
pada Sanggah Kamulan adalah juga roh suci leluhur, roh suci Ibu dan Bapak ke
atas yang merupakan leluhur lencang umat yang telah menyatu dengan Sang
Penciptanya, yang dalam lontar Gong Wesi/ Usana Dewa sebagai Hyang Tuduh atau
Brahma, yang merupakan asal muasal adanya manusia di dunia ini.
2.4 Hyang Tri Murti Dewanya Sanghyang Tri Atma
Kalau
kita renungkan lebih mendalam, tentang Sanghyang Tri Atma seperti disebutkan
pada Gong Wesi dan Usana Dewa, maka pengertian Hyang Kamulan sesungguhnya akan
lebih tinggi lagi. Karena telah disebutkan bahwa Penyatuan Sanghyang Tri Atma
adalah hyang Tuduh/Tunggal yang menjadi Brahma sebagai Sang Pencipta.
Di samping itu, ketiga tingkatan Sanghyang Tri Atma itu juga ditinjau dari segi
filsafat Siwa Tattwa, maka “atma” adalah yang menjadikan hidup pada mahkluk.
Sivatma adalah sumber atma di alam nyata (sekala) ini. Sedangkan Paratma adalah
sumber atma (roh) di alam niskala. Ia adalah atma tertinggi. Ia adalah Tuhan
menurut sistim yoga. Ia adalah identik dengan Paramasiva dalam Siva Tattwa.
Dalam sistim wedanta ia adalah Tuhan Nirguna Brahma.
Dalam mantram “Sapta Omkaratma” disebutkan yang dimaksud dengan Tri Atma,
adalah: Am, Atma dewanya Brahma, Antaraatma dewanya Wisnu, dengan wijaksaranya
Um, dan Paramatma dewanya adalah Iswara dengan wijaksaranya Mang. Ketiga dewa
tersebut dalam sekte Siwa Sidhanta umum disebut Tri Murti. Ketiga dewa tersebut
adalah merupakan roh alam semesta. Sebagai roh (atma) alam semesta ia adalah
juga bergelar Tri Purusa atau Trilingga.
Sesungguhnya yang merupakan jiwa (atma) atau roh dari jagat kita ini termasuk
mahkluk hidup utamanya manusia adalah beliau yang bergelar Tri Murti., Tri
Purusa dengan wujud Trilingganya. Sebagai roh (atma) dengan sendirinya beliau
itu adalah Ida Hyang Widhi, yang didalam penunggalan-Nya adalah Ida Hyang
Widhi, yang di dalam lontar Usana Dewa dan Gong Wesi disebut Hyang Tuduh/
Tunggal atau Brahma sebagai pencipta alam dengan isinya termasuk manusia.
Siwa adalah Tuhan dalam dimensi imanen (sakala), Sadasiwa adalah Tuhan dalam
dimensi sakala-niskala (Ardenareswara), sedangkan Paramasiwa adalah Tuhan dalam
dimensi niskala (transcendental).
Siwa dalam ketiga wujud di atas, dalam lontar Siwagama digelari Batara Guru,
karena beliau (Siwa) menjadi “Dang Guru ing Iswara” di jagat kita ini. Konon
gelar Batara Guru dihaturkan oleh murid beliau terpandai yakni Dewa Surya,
setelah Dewa Surya dianugerahi gelar Siwa Raditya oleh Siwa sendiri sebagai
Dang Guru (Wikarman, 1998: 12).
Oleh karena Siwa beraspek tiga, sebagai Tri purusa maka Guru pun ada tiga aspek
pula, yakni Guru Purwam, Guru Madyam, Guru Rupam. Guru purwam, guru dalam
dimensi niskala, Guru Madyam, guru dalam dimensi sakala-niskala, sedangkan Guru
Rupam, adalah guru dalam dimensi sakala. Tri Guru, dalam mantram “ngaturang
bakti ring kawitan” juga merupakan objek yang dipuja, seperti dinyatakan :
“Om Guru Dewa Guru Rupam
Guru Madyam Guru Purwam
Guru Pantaram dewam
Guru Dewa Sudha nityam”
Artinya:
“Om
Guru Dewa, yaitu Guru Rupam (sakala), Guru Madya (sakala-niskala) dan Guru
Purwa (niskala) adalah guru para dewa. Dewa Guru Suci selalu”
Jadi melihat uraian dan kutipan mantra di atas, jelaslah bagi kita bahwa yang
dipuja pada Sanggah Kamulan pada hakekatnya adalah Tuhan/ Hyang Widhi, baik
sebagai Hyang Tri Atma, yang sebagai roh (atma) alam semesta dengan isinya
(jagat) yang dewanya adalah Brahma, Wisnu dan Iswara, yang merupakan aspek
Tuhan dalam bentuk horizontal dan Siwa, Sada Siwa, Parama Siwa, aspek Tuhan
dalam bentuk vertikal (Tri Purusa). Sebagai Tri Purusa beliau juga disebut Guru
Tiga. Oleh karenanya umum juga menyebutkan bahwa Sanggah Kemulan “sthana”
Bhatara Guru/Hyang Guru.
Dengan demikian pengertian Kamulan atau Kawitan sesungguhnya mengandung
pengertian yang sangat tinggi, yang merupakan asal muasal manusia yang tidak
lain dari Ida Sang Hyang Widhi sendiri dengan semua manifestasinya.
BAB III
FUNGSI SANGGAH KAMULAN
1. Tempat Pemujaan Ida Hyang Widdhi
Dimuka sudah dijelaskan, bahwa
pengertian Hyang Kamulan, adalah Sanghyang Tri Atma yang panunggalannya adalah
Hyang Tuduh atau Hyang Tunggal. Sanghyang Tri Atma yakni : Atma, Sivatma dan
Paratma adalah Tuhan, dalam manifestasinya sebagai Roh. Menurut sistim Yoga, Ia
adalah identik dengan Tri Purusa (Siva, Sadasiva dan Paramasiva) menurut
filsafat Siva Sidhanta dan sesuai pula dengan Brahma, Visnu, Isvara. Ia juga
sesuai dengan fungsi Siva sebagai Guru. Oleh karenanya Hyang Kamulan adalah
juga Bhatara Guru, yang berdimensi tiga pula, yaitu Guru Purwam (Paramasiva),
Guru Madyam (Sadasiva) dan Guru Rupam (Siva). Jadi dengan demikian sesungguhnya
yang dipuja pada Sanggah Kamulan adalah Ida Hyang Widhi dalam wujud sebagai
Sanghyang Tri Atma, Sanghyang Tri Purusa (Bhatara Guru) dan Sanghyang Tri
Murti.
2. Tempat Memuja Leluhur
Dalam lontar Purwabhumi kamulan
dinyatakan bahwa Sanggah Kamulan adalah tempat Ngunggahang Dewapitara,
“…
iti kramaning anggunggahaken pitra ring kamulan …”
(Rontal
Purwabhumi Kamulan, lembar 53).
Ngunggahang
Dewapitara pada kamulan dimaksudkan adalah untuk “melinggihkan” atau
mensthanakan” dewa pitara itu.
Yang dimaksud dengan dewa pitara
adalah : roh leluhur yang telah suci, yang disucikan melalui proses upacara
Pitra Yadnya, baik Sawa Wedana maupun Atma Wedana.
Ngunggahang Dewa Pitara pada Sanggah
Kamulan adalah mengandung maksud mempersatukan dewa pitara (roh leluhur yang
sudah suci) kepada sumbernya (Hyang Kamulan). Kalimat “irika mapisan lawan dewa
Hyangnia nguni” mengandung pengertian bersatunya atma yang telah suci dengan
sumbernya, yakni Sivatma (ibunta) dan Paratma (ayahta). Hal ini adalah
merupakan realisasi dari tujuan akhir Agama Hindu yakni mencapai moksa
(penyatuan Atma dengan paratma).
Pemikiran tersebut didasarkan atas
aspek Jnana kanda dari ajaran Agama Hindu.
Dari segi susila (aspek etika)
ngunggahang Dewa Pitara pada Sanggah Kamulan, adalah bermaksud
mengabdikan/melinggihkan roh leluhur yang telah suci pada Sanggah Kamulan untuk
selalu akan dipuja, mohon doa restu dan perlindungan.
Atma yang dapat diunggahkan pada
Sanggah Kamulan adalah Atma yang telah disucikan melalui proses upacara Nyekah
atau mamukur seperti dinyatakan dalam rontal :
“…
iti kramaning ngunggahakan pitra ring kamulan, ring wusing anyekah kurung muah
mamukur, ri tutug rwa wales, dinanya, sawulan pitung dinanya…”.
Artinya
:
“…
Ini perihalnya menaikkan dewa pitara pada Kamulan, setelah upacara nyekah atau
mamukur, pada dua belas harinya, atau 42 harinya…”.
Jadi upacara ngalinggihang
Dewapitara adalah merupakan kelanjutan dari upacara nyekah atau mamukur itu.
Tetapi karena pitara sudah mencapai tingkatan dewa, sehingga disebut
Dewapitara, maka upacara ini tidak tergolong pitra yadnya lagi, melainkan
tergolong Dewayadnya. Dari uraian di atas itu, jelaslah bagi kita, bahwa
Sanggah Kamulan disamping untuk memuja Hyang Widhi, juga tempat memuja roh suci
leluhur yang telah menunggal dengan sumbernya (Hyang Kamulan, atau Hyang
Widdhi).
3. Fungsi Taksu
Pada areal Sanggah Kamulan, ada
sebuah pelinggih yang penting lagi disebut “Taksu”. Kata taksu sudah merupakan
bahasa baku dalam kosa kata Bali, yang dapat diartikan sebagai daya magis yang
menjadikan keberhasilan dalam segala aspek kerja, misalnya para seniman,
seperti pragina, balian, dalang dan lain-lain, yang berhasil disebut “mataksu”.
Dan dalam ajaran Tantrayana, taksu
itu bisa diartikan sama dengan “sakti” atau “Wisesa”. Dan yang dimaksud dengan
sakti itu adalah simbul dari pada “bala” atau kekuatan. Dalam sisi lain sakti
juga disamakan dengan energi atau “kala”.
Dalam Tattwa, daya atau sakti itu
tergolong “Maya Tattwa”. Energi dalam bahasa Sanskrit disebut “prana” adalah
bentuk ciptaan yang pertama dari Brahman. Dengan mempergunakan “prana” barulah
muncul ciptaan berikutnya (Panca mahabhuta). Dengan digerakkan oleh “prana”
kemudian terciptalah alam semesta termasuk mahluk isinya secara evolusi. Tuhan
Nirguna Brahma atau Paramasiva dalam sistem Siva Tattwa, memanfaatkan energi
atau sakti itu, sehingga Ia menjadi Maha Kuasa, memiliki Cadu Sakti dengan asta
Aisvaryanya. Dalam keadaan yang demikian itu, Ia adalah Maha Pencipta,
Pemelihara, dan Pelebur, yang dalam Wrhaspati Tattwa disebut Sadasiva Tattwa
dan di dalam Filsafat Vedanta Ia disebut “Saguna Brahma”.
Menyimak dari uraian di atas,
dapatlah disimpulkan bahwa kalau Purusa (Sanghyang Tri Purusa) dang Sanghyang
Tri Atma kita puja melalui palinggih kamulan, maka Sakti atau Mayanya dipuja
melalui “Taksu”. Dalam upacara “nyekah” disamping adanya “sekah” sebagai
perwujudan Atma yang akan disucikan, juga kita mengenal adanya “Sangge”.
Menurut penjelasan Ida Pedanda Putra Manuaba (almarhum). Sangge itu adalah
simbul dari “Dewi Mayasih”. Siapakah Dewi Mayasih itu? Bukankah ia mewakili
unsur “Maya Tattwa” (pradana atau sakti) itu? Yang juga bersama-sama Atma, dalam
upacara Nyekah ikut disucikan. Dalam ajaran “kandapat” kita mengenal adanya
saudara empat, yang mana setelah melalui proses penyucian saudara empat itu
dikenal dengan sebutan: Ratu Wayan Yangkeb Langit, Ratu Ngurah Teba, Ratu Gede
Jalawung, Ratu Nyoman Sakti Pangadangan. Ratu Nyoman Sakti Pangandangan itulah
dianggap dewaning taksu (Wikarman, 1998 : 19).
Kemungkinan dalam upacara
Ngunggahang Dewapitara, unsur maya (sakti)nya yang telah ikut disucikan juga
disthnakan pada palinggih taksu. Disinilah unsur sakti dari atma individu
“menyatu dengan unsur sakti” dari Hyang Tripurusa, dan Atma itu sendiri menyatu
dengan Hyang Tripurusa, pada Kamulan itu. Sehingga dengan demikian utuhlah
pemujaan pada Sanggah Kamulan, adalah pemujaan Tuhan Tripurusa, dengan sakti
(maya)nya.
Khusus palinggih Taksu, adalah
berfungsi untuk memohon “kesidhian” atau keberhasilan untuk semua jenis
profesi seperti seniman, pedagang, petani, pemimpin masyarakat dan sebagainya.
BAB IV
SEJARAH DAN JENISNYA
Sanggah Kamulan, menurut Tattwanya,
jelas bersumber dari ajaran Hindu, aspek Jnana kanda dan etikanya. Aspek Jnana
kanda adalah bersumber dari sistim Yoga, Wedanta, Samkhya, dan Siva Sidhanta.
Hal ini sudah kita uraikan di muka, pada bab III.
Sedangkan latar belakang etiknya,
adalah kewajiban (swadharman) dari keturunan atau “pretisentana” untuk selalu
memuja leluhurnya. Konsep pemujaan leluhur yang dilakukan oleh umat Hindi di
Indonesia khususnya Bali adalah bersumber dari ajaran agama Hindu. Pustaka suci
agama Hindu banyak sekali menguraikan tata cara pemuhaan leluhur, yang lazim
disebut “sraddha”.
Dalam buku Griha Sutra, disebutkan
bahwa pada setiap rumah tangga Hindu, terdapat tempat pemujaan leluhur yang
disebut “Wastospati”. Upacara pemujaannya disebut “pinda pitara yajna”.
Alam Dharmasastra, tatacara pemujaan
leluhur dengan panjang lebar diuraikan pada bab III. Demikian juga pada
buku-buku Purana cerita Itihasa, baik Ramayana maupun Mahabarata.
Dengan adanya data-data pasti
tentang adanya konsep pemujaan leluhur dalam ajaran Agama Hindu, ini berarti
pendapat para pakar kepurbakalaan tentang pemujaan leluhur dalam masyarakat
Hindu di Bali, yang dikatakan bersumber dari konsep pemikiran pra Hindu dapat
di kesampingkan.
Jadi dengan demikian adanya Sanggah
Kamulan sebagai tempat leluhur, dalam rumah tangga di Bali, adalah setua
masuknya Agama Hindu di Indonesia.
Sedangkan kata “Kamulan” itu
sendiri, sebagai sebutan tempat suci, telah disebut-sebut dalam Prasasti Sri
Kahulunan pada tahun 842 AD yang kutipan kalimatnya sebagai berikut :
“Tatkala
Sri Kahulunan manusuk warna I trupurussan watak kahulunan simaning kamulan
bhumi sembara”.
(Wikarman, 1998 : 22)
Kamulan
bhumi sambara dimaksudkan adalah candi Borobudur, yang menurut De Casparis
merupakan pemujaan 14 tingkat leluhur dari raja Cailendra.
Nama Kamulan sebagai tempat suci
juga kita dapati dalam prasasti Siman A-126 yang menyebutkan “Sanghyang Dharma
Kamulan i paradah”. Demikian juga dalam prasasti Klungkung A-439 ada juga
disebut Kamulan. Bangunan tempat suci yang bernama kamulan telah ada kurang
lebih 1.000 tahun yang lalu. Di Bali sebagai pemujaan dalam setiap rumah tangga
digariskan dalam lontar Sivagama. Diperkirakan lontar tersebut adalah merupakan
ajaran Mpu Kuturan. Jadi dengan demikian dapat diperkirakan Mpu Kutuanlah yang mengajarkan
agar setiap karang perumahan bagi umat Hindu di Bali, didirikan Sanggah
Kamulan.
Jenis Sanggah Kamulan
Umat Hindu di Bali menurut dimensi
dan kondisinya, membedakan Sanggah Kamulan menjadi beberapa jenis antara lain :
a.
Turus
Lumbung,
adalah Sanggah Kamulan darurat, karena satu dan lain hal belum mampu membuat
yang permanent. Bahannya dari turus kayu dapdap (kayu sakti). Fungsinya
hanyalah untuk ngelumbung atau ngayeng Hyang Kamulan atau Hyang Kawitan. Satu
tahun setelah membuka karang baru diharapkan sudah membangun Kamulan yang
permanen.
b. Sanggah Penegtegan, adalah kamulan yang berfungsi
hanya sebagai tempat negtegang (membuat ketentraman) dengan memuja Hyang
Kawitan bagi mereka yang baru berumah tangga. kamulan sejenis ini banyak kita
jumpai di daerah Kabupaten Bangli bagian atas. Setiap mereka yang baru kawin
diwajibkan membangun sebuah Sanggah rong tiga, sehingga dalam satu pekarangan
akan berdiri beberapa yang telah berumah tangga.
c.
Kamulan
jajar.
Sesuai
dengan namanya, kamulan ini memiliki dua saka (tiang) yang berjajar dimuka yang
menancap langsung pada bebaturan (palih batur).
Disamping
itu, Kamulan jenis ini, disamping mempunyai ruang tiga yang berjajar, juga
terdiri dari tiga bagian, yaitu : bebaturan, ruang lepitan, dan ruang gedong
sampai atapnya. Ruang lepitan letaknya dibawah rong tiga yang berjajar itu.
Jadi kalau disimpulkan Kamulan jajar ini terdiri dari jajar horisontal dan
jajar vertikal, sebagai simbolis dari Hyang Murti dan Tri Purusa.
Apa fungsi ruang lepitan itu? Belum
diketemukan sumber pasti. Namun kita lihat fungsi Kamulan sebagai Palinggih
Atma dapat dijelaskan sebagai berikut :
Batur Kamulan Sthana Atma yang masih
kotor, yang baru mendapat pengentas pendem (lontar Tattwa Kapatian) Rong tiga,
terutama kiri dan kanan adalah tempat Atma suci yang telah dilinggihkan.
Kemungkinan ruang lepitan adalah tempat yang dapat dicapai oleh Atma yang sudah
diaben. Jadi dengan demikian dapatlah dikatakan, Sanggah Kamulan terdiri dari
tiga bagian kosmos, yakni bebaturan sebagai Bhur Loka atau pitra loka alamnya
para Pitara, yaitu Atma yang sudah diaben, sedangkan Rong tiga sebagai Swah
Loka alamnya para Dewa, yang dapat dicapai oleh atma yang mencapai alam
kedewaan setelah melalui proses upacara memukur.
Demikianlah jenis-jenis Kamulan yang
kita jumpai dalam masyarakat Hindu di Bali.
Bahan/Kayu yang dipakai untuk Sanggah Kamulan
Dalam lontar Astakosala-kosali
diuraikan kayu yang baik untuk bahan bangunan adalah :
1. Cendana tergolong kayu prabhu
(Utama)
2. Menengen tergolong katu patih
(madya)
3. Cempaka tergolong kayu arya (utama)
4. Majagau tergolong kayu demung
(madya)
5.
Suren tergolong kayu demung (nista)
BAB V
NILAI DAN MAKNA KEBERADAAN
SANGGAH KAMULAN
1.
Nilai-Nilai
Menurut Koentjaraningrat sesuatu hal yang berisikan ide-ide
yang mengonsepsikan hal-hal penting, yang berharga dalam kehidupan
bermasyarakat. Selain itu nilai juga dapat dikatakan sebagai suatu yang
esensial di dalam suatu karya, tinggi rendahnya suatu karya ditentukan oleh
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Beranjak dari pengertian tersebut,
adapun beberapa nilai yang didapat dari keberadaan Sanggah Kamulan , yaitu ;
- Nilai Agama
Nilai ini adalah nilai yang dominant terkandung dalam
keberadaan Sanggah Kamulan, sebagai salah satu tempat pemujaan Tuhan/ Hyang
Widhi dan Kawitan. Keberadaan Sanggah Kamulan seperti yang dijelaskan pada bab
sebelumnya, adalah karena adanya kepercayaan umat Hindu sebagai tempat pemujaan
Hyang Widhi akibat kepercayaan dari adanya Brahma, Sang Hyang Triatma atau
Siwa. Apalagi sebagai penganut Sekta Siwa.
- Nilai Adat
Masalah adat sangat erat sebenarnya dengan agama, karena adanya adat agama
menjadi kuat, dan agama sebagai dasar pandang adat. Kedua hal tersebut berjalan
seiringan dalam masyarakat Bali. Adanya upacara-upacara adat di bali seperti
upacara pengabenan, pernikahan dan upacara-upacara yadnya lain dalam
pelaksanaannya pasti berhubungan dengan Sanggah Kemulan, seperti nunas Tirtha
(air suci). Selain itu misalnya dalam upacara pernikahan. Ketika Sang istri
dinikahi (dipamitkan/dipejatikan) pasti melakukan sembah dinatar Hyang Guru/
Kemulan. Dari gambaran tersebut terlihat jelas betapa ada nilai adat yang
berjalan dalam prosesi upacara tersebut dan berhubungan dengan Sanggah kemulan.
- Nilai Etika
Membahas nilai etika yang berhubungan dengan Sangah Kemulan
ini, sangat berkaitan dengan kesucian dari sanggah Kemulan itu sendiri. Sudah
tentu orang-orang yang cuntaka dilarang masuk kea real sanggah atau tempat suci
lainnya, agar tidak mengurangi kesucian tempat tersebut. Selain itu ada juga
etika-etika lain yang harus dipatuhi, misalnya saat seseorang melakukan upacara
tertentu ketika mohon air suci (nunas tirtha) harus menghaturkan banten sesuai
dengan tingkatan upacaranya. Biasanya dengan menghaturkan daksina, ajuman,
rayunan dan segehan dalam tingkat madya, yang tergantung dari Desa Kala Patra
daerah masing-masing. Dari segi nilai etika yang lain seperti saat ngunggahang
pitara pada Sanggah Kamulan, adalah bermaksud mengabadikan/ melinggihkan roh
leluhur yang telah suci pada Sanggah Kamulan untuk selalu akan dipuja, mohon
doa restu dan perlindungan.
- Nilai Ekonomi
Merupakan modal utama atau sumber Taksu. Taksu adalah
berfungsi untuk semua jenis propesi seperti; seniman, pedagang, petani,
pemimpin masyarakat dan sebagainya. Dari penjelasan di atas maka nilai ekonomi
yang dapat dipetik adalah dalam melakukan pekerjaan untuk mencari penghidupan,
maka taksu pada diri kita harus ada, dan untuk mendapatkan atau menghidupkan
taksu itu, kita dapat nunas (memohon) di Sanggah Kamulan.
- Nilai pendidikan
Sanggah Kamulan seperti yang dijelaskan, merupakan sthana
Batara Guru/ Hyang Guru dan dalam pejelasan pada bab sebelumnya sudah
dijelaskan dimana Siwa Turun ke dunia dengan wujud Sarasuati yaitu Dewi Ilmu
pengetahuan yang juga bersthana sebagai Hyang Guru di Sanggah Kamulan. Jadi
dengan memohon kaweruhan (kepintaran) baik dalam bentuk apapun banyak dilakukan
orang di Sanggah Kamulan.
2. Makna
Kata kunci dalam pengertian makna adalah arti atau maksud yang terkandung.
Dalam menganalisis makna Sanggah kamulan kita kembali melihat pengertian Snggah
Kamulan itu sendiri, yaitu tempat pemujaan asal atau sumber yang diartikan
sebagai tempat pemujaan Hyang Kamulan atau Hyang Kamimitan. Dari setiap
keluarga yang telah memiliki pekarangan sendiri seperti disebutkan dalam lontar
Siwagama, harus membangun/ membuat sebuah tempat pemujaan Hyang Guru yang
disebut Sanggah Kamulan yang letaknya di hulu atau udik pakarangan. Dengan makna
sebagai pelindung dan pemberi anugrah keluarga tersebut agar tidak mendapatkan
halangan apapun.
KESIMPULAN
Dengan uraian yang begitu mendalam, serta tinjauan dari
berbagai sistim filsafat Hindu, maka dapatlah disimpulkan bahwa Sanggah Kamulan
adalah :
- Sebagai penghulun karang, menempati posisi hulun dari konsepsi Rwabinedadan uttama mandala dari konsepsi Tri Hita Karana.
- Sthana Ida Sang Hyang Widi Wasa dalam wujudnya sebagai Sang Hyang Tri Atma (Atma, Sivatma dan Paratma) sebagai asal muasal adanya mahkluk kehidupan khususnya manusia di bumi ini.
- Sthana Ida Sang Hyang Widhi dalam manifestasi sebagai Sang Hyang Tri Murti (Brahma, Wisnu, Iswara) sebagai Jiwatman (roh) Bhuana Agung (alam semesta) dan Hyang Tri Purusa, yakni Siwa, Sadasiwa dan Paramasiwa yang dianggap sebagai Bhatara.
- Berfungsi sebagai tempat mensthanakan roh suci leluhur (dewa pitara) yang dianggap manunggal dengan sumbernya, untuk selalu dipuja oleh keturunannya, guna memohon perlindungan, bimbingan dan waranugrahanya.
- Konsep pemujaan leluhur bagi umat Hindu di Bali bukan bersumber dari Pra Hindu, melainkan bersumber dan merupakan bagian dari ajaran Hindu.
- Mendirikan Sanggah Kemulan berdasarkan petunjuk “Astakosala” dan “Astabhumi”, khususnya dalam pendiriannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar